Senin, 12 Juli 2010

BUATLAH BIDADARI SYURGA CEMBURU PADAMU

"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di tempat yang aman, didalam taman-taman dan mata air2. Mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap2an, demikianlah dan kami jodohkan mereka dengan bidadari bermata jeli" (Addukhan 51-52)

Kata "bihurin 'in" (bermata jeli) dalam ayat diatas membuka sebuah dialog panjang antara Rasulullah SAW dengan Ummu Salamah R.A. Dialog ini merangkum sifat2 bidadari yang kita tahu, yang sering menimbulkan rasa iri bagi wanita2 muslimah akan sifat2 dan perilaku mereka, baik yang dijelaskan dalam Alqur'an maupun oleh Rasulullah SAW.

Imam Attabraniy meriwayatkan sebuah hadist dari Ummu Salamah RA (US), bahwa ia (Ummu Salamah RA) berkata :"ya Rasulallah, jelaskanlah padaku tentang firman Allah yang bermata jeli..."

Rasulullah SAW menjawab:"Bidadari yang kulitnya bersih, matanya jeli dan lebar, rambutnya berkilau bak sayap burung nazar"

US berkata lagi:"Jelaskanlah padaku ya Rasulallah tentang firmanNya "laksana mutiara yang tersimpan" (QS. Alwaqi'ah 23).."

Rasulullah SAW menjawab:"kebeningannya bak kebeningan mutiara yang tersimpan dalam cangkangnya dikedalaman lautan, tak pernah tersentuh tangan manusia.."

US kembali bertanya:"Jelaskanlah kepadaku tentang firman Allah:"didalam syurga itu ada bidadari yang baik2 lagi cantik2..(QS. Arrahman:70).."

Beliau menjawab:"Akhlaknya baik dan parasnya cantik jelita.."

Kembali US bertanya:"Jelaskan padaku tentang firman Allah:"Seakan2 mereka adalah telur (burung unta) yang tersimpan dengan baik (QS. Ashshaffat:49).."

Beliau menjawab:"Kelembutannya seperti kelembutan kulit yang ada pada bagian dalam telur dan terlindungi oleh kulit bagian luarnya..."

US bertanya lagi:"Ya Rasulallah, jelaskan padaku tentang firman Allah:"penuh cinta lagi sebaya umurnya..(QS. Alwaqi'ah : 37)

Beliau menjawab:"Mereka2 adalah wanita2 yang meninggal di dunia dalam usia lanjut dalam keadaan rabun dan beruban, lalu Allah menjadikan mereka wanita2 muda (gadis) yang umurnya sebaya (tidak pernah tua ditelan usia)"

Nah ini pertanyaan penting yang harus dimiliki oleh setiap wanita muslimah.....

US bertanya lagi:"Ya Rasulullah, manakah yang lebih utama, wanita dunia ataukah bidadari yang bermata jeli.."

Rasulullah SAW menjawab:"Wanita-wanita dunia lebih utama (lebih baik) dari bidadari, seperti kelebihan yang nampak dari apa yang tidak terlihat.."

US bertanya:"mengapa wanita2 dunia lebih utama dari bidadari disyurga ya Rasulallah..?"

Beliau menjawab:"Karena Shalat mereka, puasa mereka karena Allah SWT. Allah meletakkan cahaya di wajah mereka, pakaian mereka dari kain sutera yang sangat halus, kulit mereka putih bersih, pakaiannya berwarna hijau, perhiasannya kemuning emas, sanggulnya terbuat dari mutiara dan sisirnya terbuat dari emas murni. Mereka (wanita2 dunia) berkata:"(di syurga) Kami hidup abadi dan tidak mati, kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali, kami senantiasa mendampingi dan tidak beranjak sama sekali, kami ridho dan tidak pernah bersungut (dengki/iri/ghibah) sama sekali, berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami memilikinya.."

US meneruskan pertanyaannya: "salah seorang wanita diantara kami ada yang telah menikah dua, tiga atau empat laki2 dan ia meninggal dunia. Dia masuk syurga lalu mereka (Laki2 yang pernah menjadi suaminya) juga masuk syurga, siapakah diantara laki2 itu yang akan menjadi suaminya di syurga..?"

Beliau menjawab:"wahai Ummu Salamah, wanita itu disuruh memilih, dan dia pun memilih siapa diantara mereka yang paling baik akhlaknya, lalu dia berdoa "ya Rabb.. sesungguhnya lelaki inilah yang paling baik akhlaknya kepadaku tatkala aku hidup bersamanya di dunia, maka nikahkanlah aku dengannya...". Wahai Ummu Salamah akhlak yang baik itu akan pergi membawa dua kebaikan, kebaikan di dunia dan diakhirat.." (HR. Atthabrany)

Wanita muslimah...

Engkau telah menemukan potensi dirimu yang terbaik yang engkau miliki... jika petuah Rasulullah SAW di dalam hadist diatas kalian renungi, kalian tadaburi lalu kalian laksanakan dengan penuh keikhlasan dan keridhaan hati kepada Allah SWT, niscaya bidadari syurga akan mengagumimu, maka, "Buatlah bidadari syurga cemburu padamu".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar